Panduan Instalasi Dual Booting Mac dan Ubuntu Pada Macbook Air 2011

Artikel asli, ada di blog saya yang lain yaitu TeknoIslam.Com. Saya salin ke sini, hanya untuk merapikan saja agar semua rtikel bernuansa Mac terkumpul di MacIndonesia.Net.

Dear Readers…

Semingguan ini, setelah berhasil menyandingkan Windows 8 dengan Mountain Lion pada Macbook Air-ku,  kemudian saya berniat untuk menggantikan Windows 8 dengan Ubuntu Linux . Pertanyaanya mengapa ?

Windows 8 punya fitur asik pada Metro Application yang banyak mengusung entertainment, Social , Games dan News. Akan tetapi dengan SSD yang hanya 128 GB saja pada MBA11 ku, maka si Windows 8 berasa mubasir, baru selesai install OS saja, 20 GB yang ku alokasikan tersisa hanya 4 GB saja heheh. Bisa install apa sekarang dengan 4 GB ini ?

Windows maksimal memang untuk entertainment, tapi Linux (be spesific, Ubuntu Linux) tersedia banyak opsi fitur yang bisa dimaksimalkan . Bisa menjadi Multimedia box, social box, bahkan hacking box . Dan terutama lagi, it doesn’t needs anti-virus !

So mari kita berexperiment, atau tepatnya, mengingat experiment saya, karena saat saya menuliskan artikel ini, saya menggunakan Ubuntu 13.04 diatas Macbook Air saya .. Cool !

See the pictures above guys ..!
 
Apa yang Anda butuhkan
1.  Macbook keluaran 2010 keatas .
2.  USB Flashdisk minimal 8 GB
3.  Download Ubuntu 13-04 yang mendukunga versi Mac dan AMD64 bit. Filenya klo tidak salahambil disini.
4.  Download rEFIt . Software kecil ini berguna untuk membut EFI boot diatas bootloader OSX Apple, agar bisa boot ke USB Flashdisk. Karena secara default Mac tidak mengijinkan hal tersebut kecuali dengan DVD ROM USB . Tapi siapa butuh DVD-ROM sekarang ?
5.  Download uNetBootin untuk mempersiapkan partisi root Anda, menduplikasi persis sama isinya dengan USB Live Ubuntuagar bisa di kenali oleh rEFIt.
6.  Satu komputer lagi atau laptop atau smrtphone, yang punya koneksi ke internet, unttuk membuka blog ini dan mengikuti petunjuk step-by step. Ingat di blog ini saja (hahahay). Dan dengan PC/Laptop ini buatlah USB Live Ubuntu menggunakan flashdisk dan ISO yang sudah Anda download i step ke 3 diatas. Saya juga tidak perlu mengajari kan, gunakan LiLI.
Banyak tutorial instalasi Ubuntu linux 12.04 dan 13.04 bertebaran di internet tapi saya belum dapati yang lengkap dan memberikan solusi dari beberapa masalah yang terjadi saat instalasi kita lakukan. Dan artikel ini saya tuliskan untuk menjadi jalan keluarnya .
Step 1. Partisi
Sebelumnya, Rule Number 1 : Backup !
Karena saya tidak bertanggung jawab akan apa yang terjadi oleh keputusan Anda mengikuti saya hihihihi…
Dan Karena MacBook ku (MBA11) hanya punya 128 GB SSD, maka mau tidak mau saya harus mempersiapkan space untuk Ubuntu dan swap, dengan mengorbankan beberapa aplikasi, dan games pada MBA ku, sehingga akhirnya bisa saya dapatkan partisi Mac dengan space tersisa sekitar 15 GB dan Space 15 GB+2GB (swap) untuk keperluan Ubuntu.
Lakukan pembuatan partisi secara hati hati menggunakan DiskUtility, bawaan MacOS X. Saya tidak akan mengajari Anda, karena berasumsi Anda mempunyai minimal satu Macbook atau iMac, dan Anda cukup handal menggunakan OS karena Anda mau membuat Dual-Booting dengan linux pula, OK ?
Partisi menjadi Mac HD , dan 2 partisi baru masing2 Root (/) 15 GB (format dengan FAT) dan Swap 2GB (FAT juga). Terserah Anda, tergantung Hardisk Anda lah ..
Catatan : Saya menyarankan langkah partisi ini menggunakan DiskUtility Mac, agar tidak merusak partisi Mac Anda.
Partition Steps is Done.
Step 2. Buat Linux Live Ubuntu
Menggunakan ISO AMD64-Mac, dan Lili, pastikan hasil nya bisa boot , dan bisa running sebagai LiveCD. And btw, copyikan iso file ubuntu tadi ke laptop mac Anda, untuk di gunakan di instalasi uNetBootin.
Step 3. Instal rEFIt
Karena ini memang sudah paket for Mac, jadi semestinya tidak ada kesulitan. 
Step 4.  uNetBooting
Install uNetBotin. Colok USB Flashdisk berisi Ubuntu Live Anda ke usb port. Extract dan jalankan aplikasi uNetBootin, pilih iso yang sudah Anda salin tadi, pilih partisi root ubuntu yang sudah Anda buat, dan pilih metode Install USB Disk.
Step 5.  Install Ubuntu
Reboot mesin Mac Anda, mestinya saat boot, rEFIt sudah mengambil alih. Dan mestinya ada 3 logo besar, logo Apple , logo penguin (di tengah, ini root partisi Anda), dan satu lagi logo ketupat, dengan hd orange kecil dibawahnya, ini adalah USB Anda. Pilih USB Anda, dan enter.
Saat Boot menu Instalasi, tekan tombol F6, pilih mode NoAcpi (PENTING).
Lalu menu grafis muncul, semestinya WiFI Anda sudah aktif. Dan walaupun begitu Anda tidak usah melakukan koneksi ke Hotspot atau Wifi lain , tidak usah, nanti lah setelah selesai instalasi.
Dan saat ada pilihan untuk mendownload Paket Non-Open Source Multimedia saat Instalasi, jangan dipilih ! Karena kita tidak akan konek ke internet.
Selanjutnya setelah masuk ke pilihan Instalasi pilih Something Else, jangan pilih yang lain.

Selanjutnya di partisi, pilih partisi root yang sudah Anda buat, kenali dari besaran GB nya, karena akan berbeda penomoran dengan yang Anda dilihat di DiskUtility. Pilih file system EXT3, jangan yang lain, kalau tidak instalasi akan buntu, bukan Ubuntu . PENTING. Tandai untuk diformat.

Kemudian prtisi swap, sesuaikan filesystemnya menjadi swap.

Dan di bagian bawah, Boot loader, pastikan samakan partisinya dengan partisi root (/) Anda. Kalau root = /dev/sda3 maka bootloader mesti diinstall di /dev/sda3 juga, jangan menimpa loader Mac di /dev/sda ! PENTING !

Lanjutkan step-step instalasi seperti instalasi Ubuntu biasa, dan yang luarbiasa, mestinya proses instalasi tidak memakan waktu diatas 3 menit, karena kecepatan transfer USB Flash ke SSD sangat tinggi.

Selesai, reboot.

Cabut Flashdisk Anda.

Saat boot mestinya hanya ada 2 logo icon besar, Apple dan Penguin. Klo iya selamat Kita berhasil !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s