Ilmu adalah dan Ilmu inilah

Istilah diatas saya dengar pertama kali dari seorang rekan kerja, tamatan ilmu fisika ITB, yang melenceng menjadi pekerja di bidang pengembangan manusia.

Ilmu adalah, dimaksudkan untuk menyebutkan sebuah, beberapa atau banyak pengetahuan , yang ada pada diri kita sangat kita kuasai, sampai detail teori bisa kita gambarkan, bisa kita deskripsikan bisa kita buat menjadi makalah, artikel atau bahkan jurnal dan buku. Ilmu yang benar benar dengan nyaman kita bisa ceritakan, bisa kita sebarkan, bisa kita encourage ke personal lain melalui cara kita menguasai ilmu tersebut.

Ilmu adalah, kerap dipertontonkan oleh atasan, bos, dosen, orang tua, kita sendiri, remaja, bahkan adik dan anak kita tanpa kita sadari, atau bahkan beberapa memang kita sengaja tidak sadari,

Ilmu Adalah adalah ilmu yang paling banyak beredar, paling banyak di duplikasikan, paling banyak di wartakan, banyak di senandungkan, banyak diiklankan, banyak dijanjikan. Yang jelas mayoritas ilmu dan pengetahuan yang beredar  bisa kita kelompokkan ke jenis ini.

Tulisan ini juga termasuk didalam kategori ilmu adalah. Ilmu bagaimana menulis  artikel untuk mendeskripsikan maksud dari ilmu adalah dan ilmu inilah .

Sedangkan ilmu inilah punya dimensi yang lebih tajam, walau tidak mengharuskan kita belajar dari awal setiap esensi yang dikandung. Ilmu ini, merupakan perspektif sederhana, dan terkadang jalan pintas dari penguasaan ilmu adalah.

Ilmu inilah, adalah perwujudan secara explicit dari teori yang terkumpul sekian lama, metode yang dikoleksi sekian lama, gaya bicara, gaya gerak tubuh, yang sekian lama di kaburkan, menjadi satu bentuk padat pembuktian.

Ilmu inilah adalah praktek langsung dari ilmu adalah.

Jika ilmu adalah mengenai cara menulis yang baik berarti : Judul, daftar isi, batang tubuh ,penutup dan resensi,

maka ilmu inilah sama dengan membuat tulisan.

Keseluruhan kata dan kalimat yang Anda baca barusan adalah ilmu adalah dari Saya.

Setelah ini saya selesaikan, maka ini adalah ilmu INILAH.

Berapa persentasi ADALAH dan INILAH  dalam hidup kita ? Both Duniya Wal Akhirah ?

Wassalam

Razmal Djamal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s